Loading

Sum If data Excel

Fungsi sumif digunakan untuk menjumlah nilai dalam sebuah range berdasarkan kiteria tertentu.
Untuk lebih mudahnya bisa lihat contoh di bawah ini. Kita akan menjumlah nilai barang dengan kode barang B1, B2 dan B3.

1. Buat tabel seperti berikut :

























2. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah :

= SUMIF(Range;Criteria;Sum_range)

Di sel C12 ketik formula : =SUMIF(B5:B10;B12;C5:C10)
Di sel C13 ketik formula : =SUMIF(B5:B10;B13;C5:C10)
Di sel C14 ketik formula : =SUMIF(B5:B10;B14;C5:C10)

Ket :
Range - B5:B10 adalah Range data dari Kode Barang
Criteria - B12 adalah Kode Barang sebagai kriteria
Sum_range - C5:C10 adalah Range dari nilai yang dijumlah


Dan hasilnya adalah
































Dari tabel terlihat jumlah dengan Kode Barang B1 = 5.500 , B2 = 4.000 dan B3 = 6.500. Fungsi sumif tentunya kan bermanfaat jika datanya terdiri dari ratusan record atau data, jika hanya belasan saja mungkin lebih baik dihitung manual saja


"Semoga Bermanfaat"

1 komentar:

Kaltara Island mengatakan... [Reply]

:f thank you

make cash

Hai Teman ...

Disini saya mau sharing pengetahuan tentang Akuntansi dan Perpajakan yang pernah saya pelajari, kalau ada kritikan atau saran jangan lupa isi komentarnya.
Besar harapan semoga tulisan disini dapat bermanfaat dan menambah wawasan.
Bila anda menemukan kesulitan dalam penyusunan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak untuk Perusahaan anda.
Jangan Khawatir kami siap membantu, hubungi 081214712733

Sekarang

Ayat-ayat Al Quran

Chat

Katagori

Pengunjung

free counters
Locations of visitors to this page