Loading

Pentingnya Meninggalkan Komentar di Blog Orang Lain

Yang membuat sebuah blog lebih hidup dari website biasa adalah komentar. Dengan komentar pembaca bisa berinteraksi dengan penulis. Namun seringkali seorang yang berkunjung ke blog lain malas meninggalkan komentar. Mungkin karena belum tahu pentingnya berkomentar di blog orang lain.

Meninggalkan komentar di blog orang lain amatlah penting. Sangatlah rugi orang yang blogwalking namun tidak meninggalkan komentar. Mereka secara tidak langsung membuang manfaat-manfaat berkomentar di blog lain.

Apa saja manfaat-manfaat meninggalkan komentar di blog lain?

1. Pencitraan diri atau bahasa kerennya branding. Dengan berkomentar Anda bisa mengenalkan siapa diri Anda, dimana blog Anda, bagaimana keahlian Anda (dengan komentar yang berkualitas Anda bisa dianggap master), dan bisa juga memperkenalkan website/produk Anda.
Citra diatas bukan hanya citra baik, tapi bisa juga citra buruk. Misalnya, komentar Anda isinya cuma sampah, berulang-ulang, pasang link kebanyakan, dan berkomentar kotor/kasar. Kalau ada yang mengklik link ke situs/blog Anda dan mengetahui siapa si komentator, bisa-bisa citra Anda di Internet bisa jatuh.

2. Menambah traffic. Seorang yang berkomentar biasanya meninggalkan link. Dan ini termasuk promosi atau iklan gratis. Tapi jangan berkomentar "kunjungi blog ini nanti Anda akan bla bla bla...". Sebaiknya komentar Anda adalah yang berkualitas. Bahkan kalau bisa lebih berkualitas dari postingan itu sendiri. Atau Anda bisa memberi solusi diantara perdebatan para komentator.
Tapi komentar yang tidak bermutu kadang-kadang dapat kunjungan balik juga. Tergantung si pemilik blog atau komentator lainnya.

3. Backlink. Backlink merupakan nyawa dari SEO. Bahkan ada yang rela membeli list blog dofollow demi backlink. Backlink sangat mudah didapatkan dengan komentar. Tidak harus dofollow. Ada yang bilang kalau backlink nofollow juga berpengaruh ke SEO. Yaitu lebih natural dan bisa dipercaya kalau tidak nyepam backlink.

4. Menghormati pemilik blog. Dengan meninggalkan komentar, secara tidak langsung Anda menyenangkan hati pemilik blog. Menghargai apa yang telah ditulis oleh pemilik blog. Dan bisa menjadi hubungan yang baik sesama blogger.

5. Memperbanyak saudara online. Walau tidak dipungkiri, mencari teman yang banyak dan instan adalah lewat forum. Tapi lewat blog juga tidak kalah seru. Dengan punya teman, Anda bisa punya dukungan ketika suatu saat Anda difitnah atau dianggap penipu.

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

make cash

Hai Teman ...

Disini saya mau sharing pengetahuan tentang Akuntansi dan Perpajakan yang pernah saya pelajari, kalau ada kritikan atau saran jangan lupa isi komentarnya.
Besar harapan semoga tulisan disini dapat bermanfaat dan menambah wawasan.
Bila anda menemukan kesulitan dalam penyusunan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak untuk Perusahaan anda.
Jangan Khawatir kami siap membantu, hubungi 081214712733

Sekarang

Ayat-ayat Al Quran

Chat

Katagori

Pengunjung

free counters
Locations of visitors to this page