Loading

Aplikasi Menghitung Bunga dengan Excel

SISTEM BUNGA FLAT
Bunga Flat adalah sistem perhitungan suku bunga yang besarannya mengacu pada pokok hutang awal. Dengan menggunakan sistem bunga flat ini maka porsi bunga dan pokok dalam angsuran bulanan akan tetap sama.

Untuk menghitung besarnya angsuran dengan menggunakan sistem bunga flat ini sebenarnya cukup sederhana, misalnya jika kita Pinjam uang sebesar IDR 30 juta, maka:
a. Pokok hutang IDR 30 juta.
b. Ambil contoh saja bunganya 12,25% flat per tahun
c. Tenor pinjaman sepuluh tahun

Angsurannya per bulannya menjadi:
= (30 juta + (30 juta X 12,25% X 10))/120 bulan
= 66,75 juta / 120 bulan
= IDR 556.250
di dalam angsuran sebesar IDR 556.250 itu terdapat porsi pokok sebesar IDR 250.000 dan bunga sebesar IDR 306.250. Dengan demikian jika kita hendak melakukan early repayment atau pelunasan awal, tinggal dihitung saja, kita sudah berapa kali kita membayar angsuran dan dikalikan jumlah porsi pokok hutang itu.

Dengan menggunakan Microsoft Excel perhitungan Bunga Flat untuk menentukan besarnya Angsuran, Pokok dan bunga dapat dilihat seperti Tabel di bawah ini.



SISTEM BUNGA EFEKTIF
Sistem bunga efektif adalah kebalikan dari sistem bunga flat, yaitu porsi bunga dihitung berdasarkan pokok hutang tersisa. Sehingga porsi bunga dan pokok dalam angsuran setiap bulan akan berbeda, meski besaran angsuran per bulannya tetap sama.

Dalam sistem bunga efektif ini, porsi bunga di masa-masa awal kredit akan sangat besar di dalam angsuran perbulannya, sehingga pokok hutang akan sangat sedikit berkurang. Jika kita hendak melakukan pelunasan awal maka jumlah pokok hutang akan masih sangat besar meski kita merasa telah membayar angsuran yang jika ditotal jumlahnya cukup besar.

Dengan kasus yang sama seperti diatas untuk diawal kredit dapat dilihat bahwa pembayaran pokok lebih kecil dibandigkan dengan bunganya, tetapi akan terus berubah dimana pokok per angsuran akan meningkat sedangkan bunga angsuran akan menurun karena besarnya angsuran perbulan tetap sama, seperti terlihat dalam tabel di bawah ini :



Download Aplikasi Menghitung Bunga Dengan Excel


Wassalam
Semoga bermanfaat

0 komentar:

make cash

Hai Teman ...

Disini saya mau sharing pengetahuan tentang Akuntansi dan Perpajakan yang pernah saya pelajari, kalau ada kritikan atau saran jangan lupa isi komentarnya.
Besar harapan semoga tulisan disini dapat bermanfaat dan menambah wawasan.
Bila anda menemukan kesulitan dalam penyusunan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak untuk Perusahaan anda.
Jangan Khawatir kami siap membantu, hubungi 081214712733

Sekarang

Ayat-ayat Al Quran

Chat

Katagori

Pengunjung

free counters
Locations of visitors to this page